Thursday, March 10, 2016

Manfaat Belimbing untuk Kesehatan Tubuh

Belimbing merupakan salah satu buah yang mempunyai bentuk yang unik ditambah dengan kandungan nutrisi penting di dalamnya. Nama lain dari buah belimbing adalah starfruit, melihat bentuk fisik dari buah belimbing ini hampir mirip dengan bintang. Rasa dari buah ini memang dapat menggetarkan lidah . Tak heran apabila buah belimbing sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat rujak. Rasa asam dari buah belimbing menandakan buah ini mengandung vitamin C di dalamnya.
Adapun nutrisi yang terkandung di dalam buah belimbing seperti kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin B6, kalsium, potasium, protein, zat besi, karbohidrat, serat, dan kandungan nutrisi lainnya. Nah untuk Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat belimbing untuk kesehatan tubuh, langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!
Berikut Beberapa Manfaat Belimbing untuk Kesehatan Tubuh
Membantu dalam Mencegah Kanker
Manfaat buah belimbing yang pertama adalah membantu dalam mencegah penyakit kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja. Ada baiknya penyakit kanker dicegah dengan mengatur pola hidup sehat salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah belimbing. Ini dikarenakan buah ini mengandung vitamin C yang berperan dalam mencegah penyakit kanker. Vitamin c di dalam buah belimbing ini merupakan antioksidan alami. Pasalnya di dalam buah belimbing 100 gram terdapat 34,7 mg atau sekitar 57 persen asupan vitamin C yang dibutuhkan tiap harinya. Secara umum vitamin C membantu tubuh diantaranya seperti menangkal radikal bebas, anti inflamasi tubuh, mengembangkan resistensi infeksi, dan banyak lagi.
Membantu Menyehatkan Pencernaan
Manfaat belimbing untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah membantu dalam menyehatkan pencernaan pada tubuh. Buah belimbing mengandung pasokan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Serat memang dapat membantu dalam mencegah penyerapan kadar kolesterol LDL dalam usus. Selain itu kandungan serat juga dapat membantu dalam melindungi selaput lendir pada usus dari paparan zat beracun. Dengan kandungan serat ini, belimbing baik untuk menyehatkan pencernaan. Dengan begitu membantu dalam melancarkan sistem pencernaan seperti mencegah susah BAB, mencegah sembelit, dan banyak lagi.
Membantu dalam Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Manfaat buah belimbing untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah membantu dalam mengatasi tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi memang menjadi masalah bagi sebagian orang. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat salah satunya adalah buah belimbing. Ini dikarenakan buah belimbing mengandung mineral dan juga elektrolit diantaranya seperti fosfor, seng, dan juga zat besi. Kalsium sendiri merupakan komponen yang dapat membantu dalam mengendalikan tekanan dalam darah. Nah dengan begitu mengonsumsi buah belimbing dapat mencegah hipertensi.
Membantu dalam Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat
Manfaat berikutnya adalah membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Di dalam buah belimbing ini terdapat zat yang dinamakan pectin yang bisa membantu dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Zat pectin ini mengikat kolesterol serta membantu dalam mengeluarkan asam empedu. Nah oleh sebab itu hal ini pastinya sangat bak bagi mereka penderita gejala diabetes.
Sedangkan untuk manfaat lainnya seperti membantu mengatasi gangguan pada ginjal, membantu dalam meningkatkan kinerja dari enzim, dan banyak lagi manfaat lain dari buah belimbing.
Nah itulah tadi beberapa manfaat dari buah belimbing yang dpaat Anda ketahui. Secara umum buah belimbing biasanya diolah menjadi rujak buah ataupun juga dikonsumsi secara langsung.

Baca












No comments:

Post a Comment